Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

MUKBANG VERSI JAWA BARAT? DISINI DI DESA SUKAHAJI ADA SOLUSINYA, NGALIWET NAMANYA

MUKBANG VERSI JAWA BARAT? DISINI DI DESA SUKAHAJI ADA SOLUSINYA, NGALIWET NAMANYA

Ngaliwet  merupakan tradisi yang dilakukan oleh orang Sunda. Ngaliwet merupakan sebuah tradisi dimana orang-orang berkumpul dan makan bersama, kegiatan ini pada umumnya dilakukan setelah pelaksanaan kerja bakti dan untuk acara berkumpul bersama.  Begitu pula dengan masyarakat di Desa Sukahaji .Ngaliwet bukan hanya sekedar makan bersama melainkan sebuah kerja sama untuk dapat menyajikan suatu makanan. Dalam pembuatan “Ngaliwet” ini setiap orang mempunyai tugas nya masing-masing mulai dari memasak nasi dan lauk pauk, mencari alas daun pisang, mengumpulkan bahan bahan yang diperlukan dalam memasak, dan beberapa kontribusi lainnya.Seperti sudah menjadi budaya yang tak terpisahkan lagi Ngaliwet ini biasanya diasakan pada akhir pekan dan biasanya dapat dilakukan dikala ada suatu acara syukuran atau memanfaatkan momen untuk berkumpul bersama orang sekitar. Dengan kegiatan makan bersama ini diharapkan dapat meningkatkan kebersamaan dan kerukunan antar warga di daerah tersebut.

Ngaliwet merupakan bentuk makanan yang disantap dengan nasi putih yang dimasak dengan beberapa bumbu rempah yakni daun salam, sereh, garam dan untuk lauknya menggunakan ikan nila serta beberapa lauk tambahan dan ditambah kerupuk bawang yang menjadi pelengkap makanan serta sambal khas daerah Desa Sukahaji. Dengan adanya Ngaliwet ini maka akan meningkatkan nafsu makan karena makanan yang disantap secara bersama-sama maka akan meningkatkan cita rasa makanan itu sendiri.

Keterlibatan Praja dalam Ngaliwet ini merupakah sebuah kontribusi yang baik selain untuk mengenal budaya sekitar juga dapat meningkatkan keakraban dan kedekatan dengan warga desa. Setiap daerah memiliki budaya khasnya masing-masing dengan keanerakagaman budaya yang kita miliki maka kita harus memiliki rasa toleransi dan menghargai setiap budaya yang ada di tiap-tiap daerah. Begitu juga dengan Desa Sukahaji yang sering mengadakan Ngaliwet, hal ini menunjukkan kedekatan dan kekompakan antar warga Desa Sukahaji yang patut diapresiasi.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *