Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

BHINNEKA NARA EKA BHAKTI! PRAJA! PRAJA IPDN MELAKUKAN KEGIATAN SOSIALISASI DI MA NURUL FATA

BHINNEKA NARA EKA BHAKTI! PRAJA! PRAJA IPDN MELAKUKAN KEGIATAN SOSIALISASI DI MA NURUL FATA

Rabu 13/09/2023 Praja IPDN melakukan sosialisasi di MA Nurul Fata yang diikuti oleh semua peserta didik di sekolah tersebut mulai dari kelas 10 hingga kelas 12. Kegiatan tersebut berisi pengenalan tentang Kampus IPDN serta syarat agar dapat masuk ke kampus tersebut dan dapat dikukuhkan sebagai Praja IPDN. Pengenalan tersebut diawali dengan perkenalan diri Praja IPDN dimana menjelaskan maksud dan tujuan di tempat tersebut kemudian melihat selayang pandang serta pemaparan power point yang berisi profil serta jurusan dan prodi yang ada di IPDN. Antusias dan semangat dapat dirasakan oleh para siswa yang mengikuti kegiatan tersebut, diantara mereka melayangkan beberapa pertanyaan tentang apa saja persiapan yang dilakukan kakak Praja agar dapat lolos mengikuti seleksi tes masuk IPDN. Salah satunya pertanyaan yang dilayangkan oleh Ketua OSIS di MA Nurul Fata yang bertanya "Apa motivasi kakak untuk dapat masuk IPDN? serta apa saja yang harus kami lakukan agar dapat lolos mengikuti seleksi masuk IPDN?". Kegiatan ini juga diputarkan dengan beberapa penampilan yang memukau seperti Gita Abdi Praja (GAP) yang mendapat respon yang baik dari para siswa.

Pada mulanya Praja IPDN bertanya tentang profil sekolah dan juga tentang alumni lulusan MA Nurul Fata kepada Kepala Sekolah MA Nurul Fata. Beberapa lulusan sekolah tersebut memilih untuk meneruskan pendidikan nya ke pondok pesantren mengingat di daerah Desa Sukahaji SMP dan SMA yang dimiliki merupakan pendidikan berbasis agama Islam. Hanya beberapa yang dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, hal ini jhuga tidak terlepas dari beberapa faktor seperti ekonomi, sosial, serta kondisi dan latar belakang keluarga siswa tersebut.

Praja IPDN melakukan sosialisasi dengan para siswa agar mereka mengetahui seperti apa Kampus IPDN itu yang merupakan sekolah kedinasan yang terjamin dalam naungan Kementerian Dalam Negeri, dimana untuk makanan, pakaian, dan tempat tinggal telah disediakan oleh Negara sehingga tugas para peserta didik hanya mengikuti siklus kehidupan Praja yang diatur dalam Peraturan Rektor No 6 Tahun 2023 Tentang Peraturan Tata Kehidupan Praja. Selain itu Praja juga mengenalkan pentingnya pendidikan saat ini dan memberikan wejangan serta motivasi kepada para siswa agar tetap menjaga dirinya untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan norma yang ada. Hal ini untuk menjaga generasi muda agar tidak terjerumus pada hal-hal yang tidak memberikan dampak positif dalam dirinya. Kesadaran akan pentingnya pendidikan harus ditanamkan sejak dini agar dapat meningkatkan kualitas SDM yang ada di wilayah tersebut. Diharapkan kepada generasi muda saat ini khususnya di Desa Sukahaji agar dapat mengambil sisi positif dan bijak dalam memanfaatkan digitaslisasi untuk mencari informasi dan pengetahuan yang seluas-luasnya sehingga dapat menjadi generasi muda yang unggul dan berkompeten. Kegiatan dari sosialisasi ini diakhiri dengan foto bersama dan juga sama-sama berteriak mengucapkan slogan andalan dari Praja yakni Bhinneka Nara Eka Bhakti... Praja...

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *