Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

KEGIATAN PRAJA BERSAMA MASYARAKAT DESA MEMBERSIHKAN SAMPAH YANG BERSERAKAN DI DESA SUKAHAJI

KEGIATAN PRAJA BERSAMA MASYARAKAT DESA MEMBERSIHKAN SAMPAH YANG BERSERAKAN DI DESA SUKAHAJI

Dalam melaksanakan kegiatan Bhakti Karya Praja pada hari Rabu 06/09/2023 9 orang praja melaksanakan pengenalan desa dengan berkeliling di Desa Sukahaji bersama dengan aparat Desa yakni Babinsa Desa Sukahaji, pendamping desa, dan banmusdes desa. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mengenal kondisi geografis desa namun untuk mengetahui temuan-temuan yang ada di lapangan terkait permasalahan yang ada di Desa Sukahaji.

Sepanjang perjalanan terdapat suatu permasalahan dimana TPA yang sebelumnya berlokasi di Sarimukti Cemari sebagai pusat pembuangan akhir dari Desa Sukahaji kini tidak lagi beroperasi dikarenakan adanya renovasi di kawasan tersebut. Dengan adanya renovasi tersebut maka TPA tidak beroperasi untuk sementara waktu hal ini berdampak pada banyaknya temuan sampah yang ada di beberapa titik di Desa Sukahaji. Banyaknya sampah di beberapa titik ini menyebabkan bau yang tidak sedap di sepanjang jalan yang terdapat tumpukan sampah. Tidak hanya itu tak jarang juga ditemukan lalat yang berada di sekitar area penumpukan sampah, hal ini jika dibiarkan dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan pada masyarakat yang berada di area tersebut akibat dari tumpukan sampah yang tidak terpusat dalam satu tempat.

Perlunya kesadaran dari masyarakat untuk dapat membuang sampah pada tempat yang telah disediakan oleh pemerintah serta menjaga lingkungan sekitar untuk tetap menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Aparat Desa bersama dengan sejumlah Praja melaksanakan giat gotong royong untuk membersihkan temuan sampah yang berlokasi di salah satu sekolah di Desa Sukahaji tepatnya di MA Nurul Fatah. Giat gotong royong ini merupakan kegiatan yang dapat memberikan edukasi kepada warga sekitar sebagai upaya solutif dalam mengelola sampah yang ada. Pengelolaan sampah yang tepat akan terciptanya lingkungan yang bersih dan nyaman sehingga masyarakat yang tinggal di area tersebut dapat terhindar dari segala penyakit. Besar harapan kepada masyarakat untuk mencontoh dari tindak nyata tersebut untuk diimplementasikan di lingkungan masing-masing warga Desa Sukahaji. Dengan menjaga lingkungan sekitar kita maka akan tercipta suasana lingkungan yang aman, nyaman, tentram dan tertib.  

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *